Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Daring

A. Masa Pandemi Covid-19

Wabah covid-19 kini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia salah satunya Indonesia. Virus yang dengan cepatnya menyebar melalui udara menyerang sistem pernapasan, infeksi pada paru-paru, hingga kematian. Hingga kini masyarakat yang terpapar covid-19 semakin bertambah dan jumlah kematian akibat virus ini telah mencapai angka puluhan ribu. 

Virus covid-19 ini pun membuat berbagai masalah mulai dari anjloknya perekonomian negara, banyaknya perusahaan yang gulung tikar, mode transportasi yang kian hari kian terbatas dan Pendidikan pun ikut terdampak. Menteri Pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) Nadiem Anwar Makarim Bersama Menteri dalam negeri Muhammad Tito Karnavian dengan seluruh kepala daerah dalam rapat koordinasi menyampaikan bahwa akan memastika kebijakan pembelajaran di masa pandemic covid-19 terlaksana dengan baik




Pelaksanaan pembelajaran daring adalah salah satu model pembelajaran yang dilakukan di masa pandemi covid-19. Karena pada prinsipnya kebijakan Pendidikan di masa pandemic covid-19 adalah mengutamakan Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, keluarga, dan masyarakat yang bersangkutan dalam pelayanan Pendidikan. Penerapan pembelajaran daring ini tentu menuntut banyak pihak untuk berpikir lebih kritis dan lebih kreatif lagi untuk mengemas pembelajaran agar tetap terlaksana dengan baik dan menyenangkan. 

Pemaksimalan media platform pun menjadi jawaban bagi pembelajaran daring agar tidak membuat siswa mudah paham dan tidak mudah bosan, apalagi untuk mata pelajaran yang memang sulit untuk dipahami sendiri seperti matematika. Mengatasi hal tersebut tenaga pendidik dapat menggunakan media zoom meeting untuk melakukan diskusi supaya siswa lebih mudah dalam hal memahami dan bertanya kepada tenaga pendidik, ,serta media pembelajaran lainnya yang bisa merekonstruksikan sebuah kelas seperti Edmodo. 

B. Pengertian Aplikasi Edmodo

Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Daring

Edmodo adalah platform pembelajaran jejaring sosial yang ditujukan untuk guru, siswa, dan bahkan orang tua siswa. Platform pembelajaran berbasis media sosial ini sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. Desain tampilan Edmodo biasanya mirip dengan desain tampilan Facebook. Dengan Edmodo, guru atau dosen dapat dengan mudah mengirim nilai, tugas, ataupun quis kepada para siswa dan juga mahasiswanya. Aplikasi Edmodo ini memberikan sarana yang aman dan juga mudah untuk membuat sebuah kelas virtual berdasarkan dengan pembagian kelas seperti di sekolah.

C. Kegunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Daring

Adapun Kegunaan Edmodo dalam proses pembelajaran daring diantaranya:
  1. Edmodo di rancang untuk membuatsiswa / mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Di dalam edmodo, guru / dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan polling untuk memeriksa pemahaman siswa / mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. 
  2. Edmodo memudahkan untuk melacak kemajuan siswa / mahasiswa. Semua nilai dan rencana belajar di tugaskan / di berikan melalui edmodo dan di simpan dan mudah di akses. Guru / dosen bisa mendapatkan masukan dari ruang kelas melalui reaksi siswa / mahasiswa untuk kuis, tugas, dan posting diskusi yang menangkap pemahaman, kebingungan, atau pefrustasian siswa / mahasiswa.
Pembelajaran daring atau online yang biasa disebut elearning merupakan kelas yang dilakukan tanpa melalui tatap muka secara langsung atara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online. Pembelajaran dilakukan melalui video conference, e-learning atau distance learning dengan aplikasi/LMS

D. Fitur-Fitur Dalam Aplikasi Edmodo

Fitur-fitur yang ada pada aplikasi Edmodo yang bisa kita gunakan dalam proses pembelajaran daring yaitu :

1. Assignment 
  • Assignment merupakan salah satu sarana yang terdapat dalam Edmodo, dimana sarana ini digunakan oleh para guru untuk memberikan tugas kepada murid-muridnya secara online. 
  • Dalam fitur ini memiliki batas waktu serta dapat menambahkan file, sehingga siswa dapat mengirimkan tugasnya dalam bentuk file langsung ke guru mereka. 
  • Jika siswa sudah menyelesaikan tugas yang diberikan, maka mereka harus mengklik tombol turn in. Skor yang diperoleh siswa akan secara otomatis tersimpan di dalam fitur GradeBook.GradeBook 
  • GradeBook merupakan fitur yang terdapat di dalam Edmodo yang mana berfungsi sebagai catatan dari nilai yang didapatkan oleh siswa. Pemberian nilai ini bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual. 
  • Pemberian nilai secara otomatis hanya dapat dilakukan berdasarkan dari hasil skor yang didapatkan setelah menyelesaikan Assignment dan juga Quiz. Dalam fitur ini, guru dapat mengelola penilaian dari hasil belajar semua siswa. Guru dapat mengatur nilai kkm untuk setiap mata pelajaran.
2. Polling 
  • Polling adalah fungsi yang hanya bisa digunakan oleh guru. Fungsi ini umumnya digunakan oleh guru untuk mengetahui bagaimana siswa bereaksi terhadap hal-hal tertentu. 
  • Fitur Edmodo ini adalah cara yang sangat efisien untuk mendapatkan umpan balik secara instan tentang peristiwa yang baru saja terjadi, misalnya seperti tugas, quiz, dll
3. Quiz 
  • Quiz merupakan fitur dalam Edmodo yang berfungsi untuk memberikan beberapa macam evaluasi secara online, baik itu berbentuk pilihan ganda, isian singkat, soal benar salah, dan masih banyak lagi. 
  • Fitur Quiz ini hanya bisa dibuat dan diakses oleh guru saja, sedangkan siswa hanya bertugas untuk menjawab soal-soal yang ada di dalamnya semaksimal mungkin
4. Library (Perpustakaan) 
  • Library merupakan fitur dalam Edmodo yang digunakan oleh guru atau dosen untuk memberikan bahan ajar yang berupa, materi, video, gambar dan lain sebagainya. 
  • Adanya fitur ini bertujuan agar para siswa dapat mempelajari materi dari soal-soal yang diberikan, sehingga mereka dapat mengerjakan quiz atau tugas tersebut dengan maksimal.
5. File dan Link 
  • File dan Link merupakan fitur yang terdapat dalam Edmodo digunakan untuk mengirim catatan dengan bentuk lampiran seperti file dan tautan (link). Biasanya file tersebut berupa sebuah .doc, .ppt, .xls, .pdf, dan lainnya. 
  • Karena terkadang guru perlu menjelaskan beberapa materi tambahan seperti gambar, video dan hal-hal lain agar siswa dapat lebih mudah memahami pelajaran yang diberikan
6. Parents Codes 
  • Parents Codes merupakan Fitur yang terdapat dalam Edmodo yang berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada wali atau orang tua dari masing-masing siswa, agar bisa bergabung dengan Edmodo untuk memantau segala aktivitas belajar dan juga prestasi dari putra putrinya. 
  • Sebelumnya, Guru harus mengakses code yang ditujukan untuk para orang tua siswa terlebih dahulu, yang nantinya akan dibagikan kepada masing-masing orangtua murid. Kode yang digunakan untuk orang tua siswa dapat diakses dengan cara mengklik nama kelas

E. Persiapan Pembelajaran Daring Menggunakan Aplikasi Edmodo

Berikut yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran Daring menggunakan aplikasi Edmodo :

1. Kenali Capaian Pembelajaran 
  • Buatlah capaian pembelajaran dari kelas daring anda 
  • Capaian pembelajaran biasanya berisi kemampuan ternalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi, dan akumulasi pengalaman kerja 
  • Capaian pembelajaran (learning outcomes) lebih difokuskan pada apa yang diharapkan dapat dilakukan oleh siswa selama atau pada akhir suatu proses belajar.
2. Buatlah Konten Materi 
  • Analisis dan identifikasi kebutuhan akan pengetahuan materi tertentu
3. Buatlah Kriteria Penilaian 
  • Buatlah kriteria pembelajaran yang jelas 
  • Mulai dari poin-poin apa saja yang dinilai dan berapa persentase terhadap nilai akhir 
  • Serta rentang nilai dari nilai terendah sampai nilai tertinggi
4. Tabel Penyampaian Materi 
  • Tabel penyampaian materi atau dalam dunia pendidikan sering disebut perangkat persiapan pembelajaran, yang sering dikenal dengan nama RPP dan RPS. 
  • Tabel perangkat pembelajaran ini akan membagi materi kedalam beberapa pertemuan, metode penyampaian dan sumber materi yang digunakan.
5. Desain Model Pembelajaran 
  • Untuk memberikan konten e-Learning efektif bagi siswa Anda agar mudah diterapkan, pertimbangkan untuk menggunakan teori dibawah ini : 1. ADDIE (Analisys, Design, Develop, Implementation, Evaluation) 2. ISD (Instructional System Development) 3. Blended Learning 4. Flipped Classroom 5. Dsb
6. Pilih Elemen Desain 
  • Elemen desain pembelajaran agar pembelajaran terasa lebih menarik 
  • Bisa berupa Video, Gambar, Kelas Conference, Kui
7. Pilih Alat Pembelajaran 
  • Pilih alat yang paling mendukung elemen desain Anda 
  • Alat ini berkaitan dengan platform yang mendukung pembuatan presentasi materi Anda
  • Serta pemilihan platform kelas daring yang Anda pilih

F. Cara Menggunakan Aplikasi Edmodo Oleh Guru

Berikut merupakan cara penggunaan aplikasi Edmodo bagi guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran secara daring.
  1. Buka beranda Edmodo dan klik Daftar. 
  2. Pilih panel atas yang membaca Akun Guru. 
  3. Masukkan email Anda di panel atas, dan buat kata sandi. Anda juga memiliki opsi Mendaftar dengan akun Google atau Office 365. 
  4. Masukkan nama Anda. 
  5. Anda dapat memilih: "Buat Kelas Anda" atau "Jelajahi Minat Anda." 
  6. Jika Anda memilih "Buat Kelas", Anda dapat mengisi nama kelas, mata pelajaran, dan tingkat nilai atau kisaran nilai. Jika Anda memilih "Jelajahi Minat Anda", Anda dapat memilih topik apa yang Anda minati. 
  7. Setelah Anda mengisinya, Anda akan dibawa ke halaman rumah Anda.




G. Manfaat Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran

Dari berbagai penjelasan diatas dapat kita lihat bahwa banyak sekali kebermanfaatan bagi siswa dan juga pendidik yang juga bisa melibatkan orang tua untuk memantau pembelajaran sang anak. Apalagi didukung dengan berbagai fitur canggih yang membuat proses belajar lebih efektif, efisien, dan terorganisir, seperti misalnya fitur polling, gradebook, quiz, file and link,library, assignment, award badge, dan parent code. Dan manfaat lainnya seperti:
  1. Edmodo merupakan wahana komunikasi dan diskusi yang sangat efisien untuk para guru dan murid.
  2. Dengan Edmodo, siswa satu dengan siswa lainnya dapat dengan mudah berinteraksi dan berdiskusi dengan pantauan langsung dari gurunya.
  3. Selain itu, Edmodo mempermudah komunikasi antara guru, murid sekaligus orang tua murid
  4. Sebagai sarana yang tepat untuk ujian maupun quiz
  5. Guru dapat memberikan bahan ajar seperti pertanyaan, foto, video pembelajaran kepada murid dengan mudah. Selain itu, murid juga dapat mengunduh bahan ajar tersebut
  6. Mempermudah guru dalam memberikan soal dari mana saja dan kapan
Itulah Pembahasan penggunaan aplikasi edmodo dalam proses pembelajaran daring. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Terima kasih kepada teman mimin yaitu Yati Restiani kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang telah membuat artikel ini. Kita doakan semoga beliau lancar rezekinya dan dipermudah segala urusannya. Aamiin. 

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Aplikasi Edmodo Dalam Pembelajaran Daring"

Post a Comment