Pengertian, Cara Dan Platfrom Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Universitas Siliwangi

Pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh merupakan suatu kebijakan pemerintah dalam meminimalisir penyerbaran virus corona. Dalam pembelajaran daring sendiri kita dituntut untuk menggunakan platfrom atau media digital dalam pelaksanaan proses pembelajaraan. 

Pembelajaran Daring Di Universitas Siliwangi

Berikut akan dijelaskan tentang pengertian pembelajaran daring, cara melakukan pembelajaran daring, dan platfrom atau media yang digunakan dalam pembelajaran matematika secara daring di kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi.



1. Pengertian Pembelajaran Matematika Secara Daring 

Adanya masa pandemic covid-19 pemerintah Indonesia melakukan kegiatan social distancing, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang berdampak pada kegiatan belajar mengajar di sekolah dilakukan sejara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau sering disebut juga pembelajaran daring. 

Pembeljaran daring ini dilakukan seiring dengan penyesuaian keadaan dengan proses belajar mengajar di sekolah. Pembelajaran daring ini dapat dilakukan dalam  berbagai platfrom atau media digital seperti whatsapp, google classroom, zoom meeting maupun di televisi (Kusuma & Hamidah, 2020). Dosen dapat memilih berbagai platform dalam pembelajaran daring dalam mengembangkan pembelajaran menjadi kearah digital dengan mengembangkan teknologi sehingga mahasiswa dapat mengikut proses pembelajaran  selama pandemic covid-19 berlangsung.

Pengertian Pembelajaran daring menurut Dimyati (2017) dan menurut Imania & Bariah, (2019) adalah sebagai berikut :

a. Menurut Dimyati (2017) 

Pembelajaran daring atau yang dikenal dengan istilah e-learning merupakan bentuk pemanfaatan teknologi dalam mendukung proses belajar mengajar jarak jauh. Hal ini meningkat perubahan gaya belajar yang semakin pesat. 

b. Menurut Imania & Bariah, (2019) 

Pembelajaran dalam jaringan atau istilahnya (daring) merupakan salah satu bentuk penyampaian pembelajaran secara konvensional kemudian dituangkan kedalam format digital melalui internet. Sehingga pembelajaran daring sebagai satu-satunya media pembelajaran yang dapat menyampaikan materi antara guru dan siswa selama masa darurat pandemi covid-19 ini.

Dari kedua pendapat itu, maka dapat kita simpulkan bahwa pembelajaran daring adalah suatu pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai media pembelajarannya dan disampaikan melalui media digital dan jaringan internet.

2. Cara Melakukan Pembelajaran Matematika Secara Daring

Pembelajaran matematika secara jarak jauh dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu secara synchronous, asynchronous dan gabungan. 

a. Synchronus 

Synchronus merupakan proses belajar dengan waktu yang bersamaan atau real time, yaitu pengajar bisa saling berinteraksi secara online dengan pelajar, belajar seperti ini bisa dilakukan dengan aplikasi zoom meeting, google meet,whatsapp grup, dan yang lain. 

b. Asynchronus 

Asynchronus adalah proses belajar dengan melihat materi yang sudah disiapkan sebelumnya dalam bentuk video pembelajaran atau dalam bentuk file, belajar seperti ini bisa dilakukan dengan aplikasi google classroom, edmodo, dan lain sebagainya. 

c. Cara gabungan 

Cara gabungan yaitu cara dosen melakukan kegiatan pembelajaran dengan synchronous dan asynchronous secara bersamaan, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan media zoom meeting dalam melakukan kegiatan interaksi yaitu cara pembelajaran synchronous  dan google classroom untuk pengumpulan tugas-tugas yang diberikan yaitu cara asynchronous .

3. Platfrom Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring Kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi

Berikut penjelasan mengenai berbagai platform dalam pembelajaran daring yang sering digunakan dalam proses pembelajaran Daring pada masa Pandemi Covid-19 di kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi:

a. Whatsapp

Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp

Aplikasi whatsapp sebagai media dalam pembelajaran yang memudahkan baik dosen maupun mahasiswa dalam berbagi dokumen dengan format yang diberikan baik dalam bentuk pdf, word, excel, dan power point. Menurut (Kusuma & Hamidah, 2020) media sosial whatsApp (WA) adalah salah satu media komunikasi yang digunakan oleh berbagai masyarakat. 

Menurut Jabile dalam (Kusuma & Hamidah, 2020) mengartikan bahwa whatsapp merupakan obrolan aplikasi dimana saja, dan dapat mengirim baik itu pesan teks, gambar, suara, lokasi dan juga video kepada orang lain dengan menggunakan berbagai smartphone apapun. whatsapp dalam penggunaannya sebagai media obrolan yang mencakup berbagai teks pesan, video, gambar dan menelepon sehingga membantu masyarakat dalam menjalin berbagai komunikasi di seluruh dunia.

Pembelajaran menggunakan media whatsap ini dipakai untuk  memudahkan dosen dalam memberikan intruksi baik dalam mengerjakan soal, memberikan materi maupun dalam berpendapat mengenai materi. Pembelajaran ini akan lebih menarik jika semua mahasiswa aktif dalam pembelajaran tersebut, jika pembelajaran hanya satu arah maka aplikasi ini sangat kurang efektif digunakan sehingga dosen dituntut untuk kreatif dalam belajar dengan menggunakan aplikasi whatsapp. 

Dosen yang menggunakan media whatsapp, dalam pembelajarannya hanya memberikan materi di dalam whatsapp grup, nantinya setiap mahasiswa boleh bertanya mengenai materi tersebut, dan nanti dosen memberikan penjelasan atau jawaban mengenai pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa. 

Terkadang dosen memberikan soal melalui whatsapp group, kemudian dosen menunjuk salah satu mahasiswa tersebut untuk mengerjKan soal dan hasilnya berupa foto yang dikirkmkan melalui whatsapp group. Contoh mata kuliah yang menggunakan media whatsaap dalam proses pembeajaran matematika di kelas 2019 Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi yaitu mata kuliah Program Linear, Kalkulus Peubah Banyak, dan Metode Numerik.

b. Google Classroom

Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom

Google Classroom merupakan salah satu layanan portal yang didirikan oleh google untuk memudahkan pengajar dalam mengelola materi dan tugas ajar dan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran. Menurut (Sabran & Sabara, 2019) Google classroom adalah suatu media atau platform yang bertujuan untuk membantu siswa atau dosen jika kedua hal tersebut berhalangan, baik itu di kelas, serta dapat berkomunikasi dengan peserta didik tanpa harus terikat dengan jadwal pembelajaran.




Pengguna google classroom dapat dipakai oleh berbagai kalangan yang sudah tergabung dengan kelas, sehingga memberikan kesempatan kepada para dosen atau mahasiswa untuk mengeksplorasi baik itu wawasan keilmuannya maupun dalam memberikan tugas individual kepada siswa itu, dosen juga dapat membuka ruang diskusi bagi para mahasiswa yang ingin memaparkan pendapatnya secara online pada kolom komentar. 

Dalam media atau flatfrom pembelajaran ini, google classroom memiliki berbagai fitur yang bisa kita gunakan diantaranya dapat mengirimkan file dalam berbagai format baik dalam excel, word, pdf, bahkan dalam bentuk power point, membuat siswa siswa merasa nyaman dalam menggunakannya. 

Menurut (Made Yeni Suranti, 2020) dalam jurnalnya dosen juga dengan mudah menciptakan kelas yang efektif dan kolaboratif untuk membangun interaksi yang mudah dengan siswanya, hal ini karena didalam google classroom dilengkapi dengan fitur untuk membuat kelas, mengecek dan memeriksa tugas siswa, bahkan kuis yang diselenggarakan bahkan decimal grading untuk penilaian dan juga melakukan video conference. 

Selain itu didalam google classroom juga menciptakan sistem pelaksanaan ujian menggunakan CBT (Computer Based Test) pada jenis soalnya dapat berupa pilihan ganda. Sehingga pendidik dengan memudah menyediakan pertanyaan-pertanyan secara online dan setiap peserta didik dapat memberikan jawaban terhadap pertanyaan tersebut, menjadikan kelas menjadi lebih interaktif. Contoh mata kuliah yang menggunakan media google classroom dalam pelaksanaannya di kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi yaitu mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika, Kapitas selecta Menengah, dan Telaah Kurikulm Matematika.

c. Zoom Meeting

Pembelajaran Daring Menggunakan Zoom Meeting
Aplikasi zoom meeting merupakan suatu aplikasi konferensi video yang memiliki kemampuan seperti bertatap muka secara daring. Menurut (Kusuma & Hamidah, 2020) zoom merupakan suatu aplikasi virtual yang dapat menyelenggarakan video conference bahkan dapat melakukan tatap muka meskipun didalam media, sehingga pendidik dan peserta didik dengan mudah berinteraksi secara langsung seperti bertemu tatap muka. 

Aplikasi zoom merupakan aplikasi konferensi video yang memiliki kemampuan seperti bertatap muka secara daring. Menurut (Kusuma & Hamidah, 2020) zoom merupakan aplikasi virtual yang dapat menyelenggarakan video conference bahkan dapat melakukan tatap muka meskipun didalam media, sehingga pendidik dan peserta didik dengan mudah berinteraksi secara langsung selayaknya bertemu.

Dalam pengajaran melalui zoom meeting memudahkan siswa dalam berintekrasi dengan dosen dan bisa diakses bahkan 100 orang lebih secara daring meskipun menguras kuota yang banyak. Dalam penggunaannya juga zoom meeting dapat mengirim pesan teks, berbagi dokumen, maupun berbagi layer sehingga dapat melakukan persentasi secara langsung seperti pembelajaran konvensional namun secara virtual. 

Berbagai layanan tersebut menjadi penunjang transfer pengetahuan hingga diskusi terkait konten pembelajaran berlangsung (Herliandry dkk., 2020). Contoh mata kuliah yang menggunakan media atau platfrom zoom meeting dalam pelaksanaannya di kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi adalah mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika, Profesi Kepndidikan, Metode Numerik, Aplikasi Komputer Matematika, dan kewirausahaan.

d. Google Meeting

Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meeting
Aplikasi google meeting adalah suatu aplikasi  produk dari Google yang merupakan layanan komunikasi video yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini adalah salah satu dari 2 aplikasi yang merupakan versi baru dari versi terdahulunya yaitu Google Hangouts dan Google Chat. Pihak Google sendiri telah menghentikan versi klasik Google Hangouts pada Oktober 2019 silam. 

Google meeting juga merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk proses pembelajaran daring di masa pandemi. Karena sistem dan perangkat pendukung yang terdapat pada google meeting ini mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap maya. 

Dalam aplikasi google meeting ini memiliki Kemampuan untuk melakukan rapat atau proses pembelajaran online dengan nomor dial-in dan Berbagi layar untuk menyajikan dokumen, spreadsheet atau presentasi serta dapat diikuti oleh 100 orang lebih dalam pelaksanaannya sehingga penggunaaan aplikasi google meeting dalam proses pembelajaran ini sangat efisien. Contoh mata kuliah yang dilakukan dengan media atau platfrom google meeting di kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi yaitu mata kuliah Geometri Transformasi. 

Itulah pembahasan mengenai platfrom atau media yang digunakan dalam pembelajaran daring. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Semangat bagi temen-temen yang sedang belajar dan tetap senyum menghadapi segala keadaan saat ini. Mimin yakin seseorang yang kuat dan tangguh terlahir dari keadaan yang tidak mudah dan tidak nyaman. Good luck semua. . . .

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Cara Dan Platfrom Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Universitas Siliwangi"

Post a Comment