Penggunaan Aplikasi Maple 18 Dalam Menyelsaikan Permasalahan Fungsi Kuadrat

Penggunaan aplikasi maple 18 dalam pembelajaran matematika sangatlah asik dan menarik bagi peserta didik, karena dengan penggunaan aplikasi ini maka para peserta didik bisa berkreasi dan berinovasi bagaimana menciptakan dan menyelsaikan permasalahan matematis dengan mudah.

Dalam hal ini, aplikasi maple 18 bisa kita gunakan dalam menyelsaikan suatu permasalhan fungsi kuadrat yang bersifat kontekstual. Berikut merupakan contoh soal fungsi kuadrat yang bisa diselesaikan menggunakan aplikasi maple 18.




Berdasrkan catatan bendahara perusahaan, penerimaan total perusahaan dapat diformulasikan dengan p = 20 + 200q – 2q² atau q = - 2q² + 200q + 20 dengan interval 40 ≤ q  ≤ 60 dengan p adalah penerimaan total dalam puluhan ribu rupian dan q adalah banyaknya barang yang diproduksi. Maka :
a. Sketsalah grafik penerimaan total perusahaan
b. Tentukan titik maksimum pada grafik tersebut

Pembahasan :

Diketahui : 
Formulasi : p = 20 + 200q – 2q²
     p = - 2q² + 200q + 20
interval 40 ≤ q  ≤ 60
p adalah penerimaan total dalam puluhan ribu rupian
q adalah banyaknya barang yang diproduksi

Ditanyakan :
a. Sketsalah grafik penerimaan total perusahaan
b. Tentukan titik maksimum pada grafik tersebut

Penyelsaian :

Berikut Langkah-langkah penyelesaian dari permasalahan fungsi kuadrat menggunakan aplikasi maple 18:

1. Buka Aplikasi Maple 18 sehinga muncul tampilan seperti pada gambar di samping. Lalu Klik “new worksheet” untuk memulai pengerjaan fungsi kuadrat pada maple 18. Kemudian untuk memulai pengerjaan fungsi kuadrat pada maple 18, ubah jenis tulisan ke dalam bentuk “text”.

Penyelesaian Fungsi Kuadrat Menggunakan Maple 18

2. Untuk menggambar grafik fungsi kuadrat, gunakan perintah (command) “plot” pada lembar kerja. Perhatikan garmbar di samping. Kemudian tuliskan rumus maple 18 seperti ini “plot(- 2q² + 200q +20);” pada maple 18.Lalu klik enter maka akan muncul gambar grafik fungsi kuadrat.

Penyelesaian Fungsi Kuadrat Menggunakan Maple 18

3. Jika fungsi kuadrat itu diketahui Panjang interval grafiknya, maka penulisannya adalah “plot(- 2q² + 200q +20,q=40..60);” lalu klik enter, maka akan muncul gambar grafik fungsi kuadrat seperti disamping.

4. Untuk merubah warna pada grafik fungsi kuadrat dapat dilakukan dengan cara menambahkan perintah (command) “colour” atau “color” diikuti dengan tanda “=” dan warna yang diinginkan setelahnya diberi tanda “ ; ”. Sehingga rumus yang terbentuk adalah ‘plot(- 2q² + 200q +20,q=40..60,colour=green);” lalu klik enter, maka akan muncul gambar seperti di samping.

Penyelesaian Fungsi Kuadrat Menggunakan Maple 18

5. Untuk mengetahui letak koordinat setiap titik pada grafik, maka digunakan perintah (command) “gridlines” untuk memunculkan garis bantu pada lembar kerja, sehingga untuk rumus yang terbentuk adalah “plot(- 2q² + 200q +20,q=40..60,colour=green,gridlines);” lalu klin enter, maka akan muncul gambar seperti di samping.

6. Beri judul pada grafik yang telah dikonstruksi pada lembar kerja dengan cara menambahkan perintah (command) “title=grafik(- 2q² + 200q +20)” pada lmbar kerja, sehingga rumus yang terbentuk adalah “plot(- 2q² + 200q +20,q=40..60,colour=green,gridlines, title=grafik(- 2q² + 200q +20));” lalu klin enter, maka akan muncul gambar seperti di samping.

Penyelesaian Fungsi Kuadrat Menggunakan Maple 18




Jadi, Dapat kita simpulkan dari gambar grafik tampilan di atas bahwa utuk :

a. Unit barang yang diprodusi agar diperoleh penerimaan total maksimum yakni x=q=50
b. Besar total penerimaan maksimum yang diperoleh tercapai ketika x=q=50, yakni 5.020 (dalam satuan puluhan ribu rupiah) atau Rp 50.200.000.

Itulah pembahasan tutorial mengenai materi fungsi kuadrat yang diselesaikan menggunakan aplikasi maple 18. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami yah temen-temen. Tetap semangat dalam belajar dan tetap enjoy dalam menyelsaikan permasalhan matematika. Terima kasih semua.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penggunaan Aplikasi Maple 18 Dalam Menyelsaikan Permasalahan Fungsi Kuadrat"

Post a Comment