Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang terjadi dibeberapa negara memberikan dampak yang luas pada semua sektor penting. Seperti penutupan sebagian tempat ibadah, tempat rekreasi, perusahaan, tak terkecuali sektor pendidikan. Pembaharuan kebijakan dilakukan dengan mengubah dari pembelajaran secara tatap muka menjadi pembelajaran daring.

Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19

Berdasarkan Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Perguruan Tinggi, maka kegiatan perkuliahan dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh dan mahasiswa diminta untuk melakukan pembelajaran dari rumah/melakukan perkuliahan daring (kemendikbud,2020). 

1. Pengertian Pembelajaran Daring

Perkuliahan daring merupakan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengirimkan materi pembelajaran. Misalnya dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia seperti aplikasi virtual zoom meeting, Google meet, agar dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Atau memanfaatkan media seperti Google Classroom, whats app, edmodo, video pembelajaran, dan sebagainya untuk mengirimkan materi pembelajaran maupun tugas. Tak terkecuali jenjang pendidikan lain seperti SD, SMP, SMA, memanfaatkan teknologi yang sama.




Sudah satu tahun berlalu, namun pandemi covid-19 tak kunjung sirna. Kondisi sekarang memasuki masa PPKM (Perlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang bersifat ketat dan darurat, tentu akan banyak kegiatan atau rencana kita yang tidak akan berjalan sesuai harapan. 

Awalnya mas menteri Nadiem Makarim mengungkapkan bahwa sekolah-sekolah maupun kampus akan mulai dilaksanakan secara tatap muka mulai bulan Juli mendatang atau tahun ajaran baru. Untuk perguruan tinggi akan dikembalikan kepada kebijakan kampus masing-masing.  Namun apakah akan terealisasi atau tidak, mengingat kian hari pasien kian meningkat.

Namun ditengah kondisi mencekam ini, kita harus terus optimis, berikhtiar, berdoa, dan bertawakal. Sebab dengan ujian yang Allah berikan, kita akan semakin belajar bersabar dan bergantung kepada Allah. Yakinlah setiap cobaan memiliki hikmah bagi hambaNya yang bersabar. Tentu disertai dengan usaha kita untuk terus menjaga imun, iman kita sesuai protokol kesehatan. 

2. Manfaat dan Kekurangan Pembelajaran Daring

Mengingat kondisi saat ini yang belum membaik, sehingga ada kemungkinan bahwa kegiatan pembelajaran akan dilaksanakan secara daring kembali. Putri dan Dewi (2020) menyatakan bahwa seiring perkembangan zaman, seseorang dapat memperoleh informasi secara mudah melalui teknologi baru yang terus berkembang. Perkembangan teknologi ini menguntungkan dibidang pendidikan bagi guru maupun siswa. 

Adapun manfaat dari kegiatan pembelajaran matematika secara daring yaitu dapat mempersingkat waktu pembelajaran, kegiatan belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, lebih praktis, ekonomis, serta siswa juga dapat saling berbagi informasi dan dapat mengakses bahan pelajaran secara berulang-ulang. 

Walaupun demikian manfaat internet dalam pembelajaran matematika secara daring masih memiliki banyak kekurangan. Menurut Yazdi et (2012) yaitu meliputi :
  1. Kurangnya interaksi antara siswa dan guru. 
  2. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya penilaian serta penalaran pada proses belajar dan mengajar. 
  3. Proses belajar dan mengajarnya lebih ke arah pelatihan daripada kependidikan dan mayoritas siswa tidak memiliki motivasi belajar matematika 

Kesulitan yang sering dialami  siswa maupun mahasiswa ketika belajar matematika online di rumah yaitu :
  1. Kurangnya inisiatif untuk belajar sendiri
  2. Kurangnya motivasi belajar matematika
  3. Masih ada siswa yang menyerah mengerjakan tugas matematika ketika mendapat kesulitan dan kesalahan serta jarang melakukan evaluasi proses terhadap hasil belajarnya.

Hasilnya masih banyak kesulitan yang dialami oleh siswa maupun mahasiswa yang melakukan pembelajaran matematika dari rumah. Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk menganalisis apa saja kesulitan yang dialami siswa maupun mahasiswa diantaranya seperti sulitnya memahami materi yang disajikan karena keabstrakan materi tersebut seperti pada materi geometri, kalkulus, logika dan himpunan. 




Maka bisa kita tarik kesimpulan bahwa pembelajaran matematika secara daring memiliki keuntungan seperti :
  1. Mudahnya untuk mengakses materi dan dapat diulang-ulang
  2. Kegiatan pembelajaran matematika menjadi lebih efisien
  3. Menuntut para siswa agar bisa belajar secara mandiri atau bekerja sama dengan teman sebayanya

Namun terdapat kekurangan juga dari pembelajaran matematika secara daring ini seperti masih banyak para siswa yang merasa kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu para pendidik terutama guru mamtematika sangat penting menggunakan metode, strategi, teknik pembelajaran yang kreatif agar lebih memudahkan bagi para siswa memahami materi serta dapat menumbuhkan motivasi belajarnya terutama ketika belajar matematika.

Itulah pembahasan mengenai pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi Covid-19. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami yah. Terima kasih juga kepada temen mimin yang sudah membuat artikel ini yaitu saudari Nuraeni kelas 2019C Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi. Kita doakan semoga beliau senantiasa diberi kelancaran atas semua urusannya dan di berkahi segala rezekinya yang ada, aamiin. Terima kasih semua.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19"

Post a Comment