Peran Pemuda dalam mengisi Kemerdekaan

Sudut Pandang ; Arah Gerak Generasi Muda


Pada tanggal 17 agustus 1945 bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya, setelah banyak peristiwa-peristiwa Panjang  dan berat yang dilalui oleh bangsa kita ini dalam mencapai kemerdekaannya tersebut.  

Dan pada tanggal itu pula setiap tahun bangsa Indonesia memperingati hari bersejarah tersebut. Dimulai dari upacara  pengibaran bendera merah putih, karnaval budaya, dan lomba-lomba yang diselenggarakan hanya untuk meramaikan hari kemerdekaan bangsa Indonesia tersebut.

Namun perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan seharusnya tidak hanya diperingati setahun sekali dengan perayaan-perayaan tertentu. 

Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda yang sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya.




Banyak jalan yang dapat ditempuh oleh para pemuda dalam mengisi serta memaknasi kemerdekaan sekrang, baik dalam hal partispatif aktif ataupun tidak, berikut beberapa penjelasan menerut sudut pandang saya tentang peran pemuda dalam mengisi serta memaknai kemerdekaan:

1. Pengabdian masyarakat

Sebagai salah satu elemen dari komposisi masyrakat, pemuda merupakan suatu asset berharga dalam segala kegiatan serta program yang ada dalam ranah sosiokultural yang ada dalam masyrakat. Sehingga turun langsung dalam pengabdian masyarakat sedikit lebihnya peran pemuda itu sangat berpengaruh, dari mulai tatanan structural, maupun sosial dalam masyarakatanya. 

Salah satu contoh kegiatan pengabdian masyrakat yang bisa dilakukan oleh para pemuda adalah kegiatan mengajar desa, kegiatan ini bisa dilakukan oleh kalangan para karang taruna desa dalam memajukan sector Pendidikan di desa dengan membantu memberi edukasi baik kepada anal-anak ataupun kepada orang tua yang ada di desa tersebut.

2. Mendukung perkembangan produk dalam negeri

Banyak dari anak muda Indonesia yang lebih merasa bangga saat menggunakan produk dari brand-brand ternama di dunia. Tanpa disadari, hal tersebut justru dapat mematikan pertumbuhan dari brand-brand lokal yang beberapa diantaranya juga memiliki kualitas produk yang tidak kalah dengan brand luar. 

Saat ini, begitu banyak brand asli Indonesia yang bermunculan dalam berbagai bidang, seperti dalam pashion serta alat perabotan rumah tangga yang patut kita banggakan. Bagaimana sih cara peran pemuda dalam mendukung perkembangan produk dalam negeri ini? Yaitu para pemuda dapat membeli serta memakai produk-produk dalam negeri itu dan membantu mempromosikannya di media sosial sehingga akan banyak orang yang tertarik untuk membelinya baik kalangan loka maupun internasional sehingga bisa mempercepat roda perekonomian masyarakat di negeri ini.

3. Terlibat dalam memajukan sektor pendidikan

Aset terbesar dari suatu negara bukanlah sumber daya alamnya, melainkan sumber daya manusia dari negara tersebut. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kemerdekaan yang sesungguhnya, diperlukan perbaikan kualitas sumber daya manusia Indonesia, terutama dalam hal pendidikan.

Hal ini selara akan apakah negara itu maju ataupun mundur dilihat dari segi sumber daya manusiannya, Ketika sumberdaya manusianya kurang kompeten dalam persaingan global ini maka negara itu dapat dikatakn negara belum maju. 

Dapat disimpulkan bahwa asset yang paling berharga adalah asset sumber daya manusiannya, khususnya generasi muda. Oleh sebab itu maka kita sebagai generasi muda harus senantiasa belajar dan trus belajar demi terwujudnya salah satu tujuan da cita cita bangsa, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

4. Mengenalkan budaya kita kepada mata internasional

Indonesia merupakan negara yang memiliki ragam budaya yang unik dan indah, keberagaman itu tercipta karena strukrur wilayah indonesai yang memiliki banyak pula, sehingga banyak melahirkan beragaman tersebut. 




Salah satu peran pemuda dalam mengenalkan budaya Indonesia keapda kancah internasional adalah dengan ikut serta melesatarikan dan memiliki rasa keakua yang lebih terhadap budayanya serta mempublikasikannya lewat media sosial yang menjadi salah satu cara efektif dalam mengenalkan budaya nusantara tersebut.

5. Saling toleransi dan saling berbagi

Karena kita merupakan negara yang memiliki beragam adat, suku, ras, agama, dan budaya maka sudah pasti rasa saling toleransi itu diperlukan. Bukan hanya samapai situ, Menerapkan prinsip setara bersaudara dan saling berbagi satu sama lain”, itulah kalimat yang harus kita laksanakan bukan hanya sebagai pemuda, tetapi kewajiban kita pula sebagi warga negara. 

Jika perbedaan tersebut tidak disikapi dengan rasa saling menghormati, maka tidak akan terjadi kemerdekaan yang sepenuhnya.

Itulah sudut pandang dari prespektif saya dalam menikapi peran pemuda dalam mengisi kemerdekaan yang telah para pahlawan kita suguhkan dengan keringat serta darahnya. 

Ada pepatah menyatakan bahwa generasi muda ibaratkan sinar matahari terbit dan para orang tua sebagai sinar matahari senja, artinya kita sebagai generasi muda mempunyai masa depan yang masih jauh, masa depan yang harus kita capai, ada sinar yang perlu kita buat dalam menyinari bangsa kita sendiri, bagaimana caranya kita melukiskan keindahan langit untuk negara kita sendiri. sehingga Ketika kita sudah tua kita dapat dikenang karena karya oleh para generasi muda berikutnya.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Pemuda dalam mengisi Kemerdekaan"

Post a Comment