Di kelas XIIA sedang diadakan ulangan matematika. Setiap siswa wajib mengerjakan 8 soal di antara 15 soal. Soal nomor 12 sampai 15 harus dikerjakan. Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah

Di kelas XIIA sedang diadakan ulangan matematika. Setiap siswa wajib mengerjakan 8 soal di antara 15 soal. Soal nomor 12 sampai 15 harus dikerjakan. Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah . . .
A. 7.920 cara
B. 6.435 cara
C. 1.365 cara
D. 330 cara
E. 165 cara
Pembahasan :

Diketahui : 
Siswa wajib mengerjakan 8 soal di antara 15 soal.
Soal nomor 12 sampai 15 harus dikerjakan.

Ditanyakan : Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah . . .?

Jawab :

Perhatikan bahwa soal yang harus dikerjakan adalah 8 soal dari 15 soal yang ada.
Oleh karena 4 soal harus dikerjakan (soal nomor 12 sampai dengan nomor 15), siswa dapat memilih 4 soal lainnya dari 11 soal yang tersisa.

Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah :

 

         

Jadi, Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah 330 cara.

Jawabannya ( D ).

Itulah pembahasan contoh soal mengenai materi kaidah pencacahan yang mimin ambil dari contoh soal yang ada di buku detik-detik UNBK tahun 2019. Semoga bermanfaat dan mudah untuk dipahami. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau didikusikan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yah. Terima kasih semua, salam hangat dari mimin untuk keluarga.

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Di kelas XIIA sedang diadakan ulangan matematika. Setiap siswa wajib mengerjakan 8 soal di antara 15 soal. Soal nomor 12 sampai 15 harus dikerjakan. Banyak cara memilih soal yang dapat dilakukan siswa adalah"

Post a Comment