Pengertian dan Contoh Soal Antonim (Lawan Kata) Tes Psikotes Seleksi Kerja

Soal Tes Antonim Lawan Kata
Sumber Gambar: Pixabay

Pengertian Tes Antonim (Lawan Kata) Tes Psikotes

Antonim biasa diartikan sebagai dua kata yang saling berlawanan makna. Selain sebagai ujian pemahaman dan perbendaharaan kosakata, antonim juga berfungsi untuk melihat kemampuan seseorang dalam melakukan analisis suatu kebenaran. 

Dalam tes antonim sangat diperlukan ketelitian dan kemampuan sintesis yang baik, karena untuk menentukan antonim suatu kata, Anda perlu mengetahui intisari makna dari kata yang diberikan. 

Kemudian baru Anda cari antonimnya dari pilihan jawaban yang ada. Oleh karena itu, fungsi lain dari tes antonim adalah untuk melihat ketelitian dan kemampuan analitis serta sintesis para peserta tes.

Tips dan Trik Menjawab Soal Tes Antonim Dengan Benar

Berikut tips dan trik menjawab soal tes antonym pada soal tes Psikotes:
  1. Jika dalam pilihan jawaban ada satu kata yang memiliki arti kata berbeda dibandingkan yang lain, maka pilih kata yang berbeda tersebut.
  2. Jika Anda sudah mengetahui makna kata soal, maka artikan, kemudian cari kata yang berlawanan dalam jawaban. Begitupun jika kata tersebut merupakan kata serapan, artikan berdasarkan bahasa yang sebenarnya kemudian cari lawan kata dalam pilihan jawaban.
  3. Jika terdapat dua kata yang berlawanan dalam pilihan jawaban, kemungkinan salah satunya merupakan jawaban.
  4. Jika Anda sama sekali tidak tahu makna kata soal tetapi pernah mendengar kalimat dengan menggunakan kata tersebut, cari artinya berdasarkan keseluruhan kalimat kemudian cari lawan katanya dalam pilihan jawaban.
  5. Jangan sampai terkecoh memilih jawaban, karena dalam pilihan jawaban sering disertakan sinonimnya.

Contoh Soal Antonim Tes Psikotes Lengkap Dengan Pembahasannya

Berikut contoh soal antonim (lawan kata) lengkap dengan pembahasannya:

Soal Nomor 1

STAGNAN  > < . . .
A. Stabil 
B. Tetap 
C. Berubah 
D. Statis 
E. Menetap 

Pembahasan: 
Pilihan jawaban A, B, D, dan E memiliki makna yang sama satu sama lain. Oleh karena itu, tidak mungkin salah satunya merupakan jawaban. Sebab, jika salah satunya merupakan jawaban, maka tiga yang lain juga merupakan jawaban. Dengan demikian, jawaban yang mungkin adalah kata berubah. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah C. 

Jawaban: C


Baca Juga:


Soal Nomor 2

INDIVIDU  > < . . .
A. Manual 
B. Unit 
C. Aliansi 
D. Kolektif 
E. Satuan

Pembahasan: 
Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui arti kata individu karena dalam kehidupan sehari-hari sering kita gunakan. Misalnya dalam mengumpulkan uang sumbangan, jika ada yang menyumbang sendiri-sendiri dapat disebut sebagai individu, tetapi jika bersama-sama disebut kolektif. Jadi, lawan kata individu adalah kolektif. 

Jawaban: D

Soal Nomor 3

GENERIK  > < . . .
A. Khusus 
B. Umum 
C. Lazim 
D. Luar biasa 
E. Ampuh 

Pembahasan: 
Pilihan jawaban B merupakan sinonim dari pilihan jawaban C, dan pilihan jawaban D hampir sama dengan E. Dengan demikian, jawaban yang paling mungkin yang tidak ada padanannya dengan kata lain adalah kata khusus. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. 

Jawaban: A

Soal Nomor 4

GASAL  > < . . .
A. Ganjil 
B. Pecahan 
C. Cacah 
D. Bulat 
E. Genap 

Pembahasan: 
Dalam pilihan jawaban terdapat dua kata yang berlawanan, yaitu ganjil dan genap. Kemungkinan, salah satunya merupakan jawaban. Gasal memiliki arti ganjil. Jadi, antonim dari kata gasal yang tepat adalah genap. 

Jawaban: E

Soal Nomor 5

ETIS  > < . . .
A. Vulgar 
B. Sopan 
C. Bermoral 
D. Santun 
E. Baik 

Pembahasan: 
Jika Anda sudah membaca contoh soal nomor 1, maka Anda akan langsung mengetahui jawabannya. Pilihan jawaban B, C, D, dan E memiliki makna kata yang hampir sama, tidak mungkin salah satunya merupakan jawaban. Jadi, jawabannya dapat dipastikan adalah vulgar. 

Jawaban: A

Soal Nomor 6

AFIRMATIF  > < . . .
A. Positif 
B. Negatif 
C. Baik 
D. Khusnudzon 
E. Konfirmatif

Pembahasan: 
Dalam soal di atas, terdapat dua kata yang berlawanan, yaitu positif dan negatif. Sedangkan positif memiliki kesamaan makna dengan jawaban lain, yaitu baik, sehingga tidak mungkin jawabannya positif. Oleh sebab itu, dapat dipastikan jawabannya adalah negatif.

Jawaban: B

Soal Nomor 7

PLURAL  > < . . .
A. Bersama 
B. Satu 
C. Eka 
D. Tunggal 
E. Melebur 

Pembahasan: 
Jika Anda menyimak dari nomor 1 hingga 6, pasti Anda tidak akan kesulitan menjawab soal nomor 7 ini. Jawabannya adalah tunggal, karena dari pilihan jawaban A, B, C, dan E memiliki makna yang hampir sama. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D.

Jawaban: D

Soal Nmor 8

REMISI  > < . . .
A. Penambahan 
B. Abolisi 
C. Anulir 
D. Pengurangan 
E. Keringanan 

Pembahasan: 
Jika Anda sering melihat berita di televisi, maka Anda tidak akan asing dengan kata remisi yang memiliki arti pengurangan masa tahanan. Maka antonimnya adalah penambahan. 

Jawaban: A

Soal Nomor 9

WARUGA  > <  . . .
A. Raga 
B. Fisik 
C. Jiwa 
D. Tubuh 
E. Rangka

Pembahasan: 
Pilihan jawaban A, B, C, dan E sudah pasti bukan jawabannya. Trik mengerjakan soal seperti ini bisa melihat pola pengerjaan pada soal nomor 1–6. Jadi, jawaban yang tepat adalah jiwa. 

Jawaban: C

Soal Nomor 10

HIGIENIS  > < . . .
A. Bersih 
B. Keruh 
C. Putih 
D. Bening 
E. Kotor 

Pembahasan: 
Higienis merupakan kata serapan dari bahasa Inggris yang berarti bersih. Maka tinggal dicari lawan kata dari bersih dalam pilihan jawaban, sehingga ditemukan antonimnya yaitu kotor. 

Jawaban: E

Itulah pembahasan contoh soal tes antomin tes Psikotes. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami ya. Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan silahkan tinggalkan pesan di kolom koemntar ya. Terima kasih kalian . . .

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Soal Antonim (Lawan Kata) Tes Psikotes Seleksi Kerja"

Post a Comment