6 destinasi wisata alam di kecamatan Salem

Wisata Di Kecamatan Salem 

Kecamatan Salem adalah suatu daerah di Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Brebes selatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten Cilacap dan perbatasan dengan kabupaten kuningan provinsi Jawa Barat.

Kecamatan Salem sendiri memiliki sejutan keindahan alam yang begitu menakjubkan, baik dari segi wilayah pemukimannya maupun daerah persawahan serta perhutanannya.

Daerah kecamatan Salem sendiri merupakan daerah perbukitan yang dibuktikan dengan banyaknya jalan menukik dan pemandangan yang ada di daerah tersebut.

Selain daripada kekayaan alamnya yang begitu menakjubkan, kecamatan Salem sendiri memiliki kekayaan jajanan atau produk local yang begitu enak. Seperti kopi capar, telor asin, soto, keripik singkon, gula aren, madu hutan, dan lain sebagainya.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata alam yang ada di kecamatan Salem. Ada wisata apa saja sih yang ada di sana? Baik langsung saja kita bahas satu per satu.

1. Ranto Canyon

ranto canyon salem


Wisata Ranto Canyon adalah wisata air terjun atau lewi yang diapit oleh dua tebing tinggi yang membuat suasana air terjun ini terasa lebih asri yang memacu adrenalin kita semakin asik.

Sebelum masuk ke daerah air terjun ini, kita akan berjalan kaki dari tempat palkiran selama 10 sampai 15 menit, dalam perjalanan tersebut kita akan disuguhi pemandangan persawahan dan perkebunan milik masyarakat setempat yang masih begitu hijau dan sejuk.

Tiket masuknya sendiri yaitu sebesar Rp.30.000 per orang termasuk dengan peralatan pelindung diri seperti jas pelampung dan helm serta pemandu ahli.

Wisata Ranto Canyon ini terletak di desa Winduasri, sebalah barat daya kecamatan Salem, kabupaten Brebes. Jika ditempuh dengan motor dari alun-alun kecamatan salem yaitu selama 1 – 2 jam untuk sampai ke tempat wsata.

Untuk saat ini wisata Ranto Canyon ini ditutup dikarenakan perijinan dari pemerintah dan masyarakat setempat yang khwatir dengan wisata yang menantang adrenalin ini.

2. Bukit Panenjoan Salem

Bukit panenjoan salem


Bukit panenjoan salem adalah tempat wisata panenjoan atau dalam bahasan indonesianya yaitu tempat melihat pemandangan dataran di kecamatan salem.

Untuk tiket masuknya sendiri itu cukup terjangkau bagi temen-temen pecinta traveling, yaitu hanya RP.5.000 saja.

Bukit panenjoan salem ini menawarkan pemandangan estetik seluruh desa di kesamatan salam bagian timur. Dengan suasana hutan pinus yang sejuk dan siuran angin ini membuat siapa saja yang berkunjung di sana sangat nyaman dan tenang.

Selain itu pula, bukit panenjoan salem ini menjadi tempat pilihan bagi temen-temen yang senang berkemah ataupun camping, karena saat pagi hari kita bisa melihat sunrise dari ufuk timur dengan latar Gunung Slamet yang begitu kokoh dihadapannya.

Di tempat ini juga telah disediakan fasilitas pendukung seperti tempat duduk, ayunan dan warung serta panggung pandang untuk temen-temen ingin mengabadikan moment. 

Wisata panenjoan salem ini terletak di desa Wanoja, kecamatan Salem, kabupaten Brebes. Jika di tempuh dari alun-alun kecamatan salem itu selama 40 menit sampai 1,5 jam.

Untuk saat ini wisata bukit panenjoan salem masih buka untuk siapa saja, tetapi sudah tidak aktif atau terurus lagi dikarenakan masa pandemic.

3. Kalibaya

Kalibaya


Wisata Kalibaya merupakan wisata yang terletak di puncak Gunug Lio perbatasan dengan daerah kecamatan Salem dan Kecamatan Banjarharjo. Wisata ini dapat kita tempuh dengan motor ataupun mobil selama kurang lebih 1 jam dari alun-alun kecamatan salem.

Wisata kalibaya ini merupakan tempat paling cocok bagi temen-temen yang senang berkemah ataupun camping, karena di sana disuguhkan pemandangan berupa waduk malahayu dan daerah kabupaten Brebes bagian utara.

Untuk tiket masuknya sendiri itu biasanya Rp.5.000 tetapi saat ini wisata ini sudah tidak aktif lagi sehingga siapa saja yang ingin main ataupun berkemah disana itu bebas tanpa dipungut biaya.

4. Bukit Bintang Capar Salem

Bukit Bintang Capar Salem


Bukit Bintang Capar merupakan wisata outdor yang berada di desa Capar, daerah paling barat Kecamatan Salem perbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Bila ditempuh dari alun-alun kecamatan salem yaitu selama kurang lebih 1,5 jam.

Bukit bintang capar ini menyuguhkan hamparan pemandangan yang cukup indah, yaitu hamparan daerah kabupaten Brebes, kabupaten Cirebon dan juga kabupaten Kuningan.

Di sana kita bisa melihat waduk malahayu yang eksotis, gunung gora yang menawan, gunung slemet yang kokoh dan juga gunung ceramai yang menakjubkan.

Tempat ini sangat rekomendasi bagi temen-temen yang ingin berkemah dan camping, karena saat malam hari kerlap-kerlip lampu perkotaan sangan begitu menakjubkan dan saat pagi hari sunrise dari ufuk timur dengan latar gunung gora yang sangat memanjakan mat akita.

Untuk saat ini wisata bukit bintang capar sudah tidak aktif lagi, dan sekarang tempat ini bisa dijadikan tempat berkemah yang begitu tenang dan satai bagi teman-teman yang ingin berlibur dari aktivtas rutin sehari-hari.

5. Bukit Saronge

bukit saronge indrajaya


Bukit Saronge merupakan tempat wisata baru di kecamatan salem yang diinisiasi oleh LMDH Bina Mandiri bekerjasama dengan Perum Perhutani BKPH Salem. Bukit ini menawarkan pemandnagan berupa daerah kecamatan salem bagian timur dengan hamparan perbukitan yang begitu menyejukan.

Wisata ini juga bisa sangan direkomendasi bagi temen-temen yang ingin berkemah ataupun camping karena saat malam hari kita bisa melihat kerlipan lampu-lampu rumah yang begitu indah dan saat pagi hari kita bisa melihat sunrise serta gunung Slamet yang begitu menakjubkan mata.

Untuk tiket masuknya sendiri sangatlah murah, yaitu sebesar Rp.5.000 untuk berwisata pada siang hari dan Rp.25.000/tenda untuk temen-temen yang ingin berkemah.

Bukit Saronge terletak di desa Indrajaya, kecamatan Salem kabupaten Brebes. Apabila kita tempuh dari alun-alun kecamatan salem itu selama 40 menit.

6. Taman The Garden Of Eden

Taman The Garden Of Eden Gunung Larang


Taman wisata The Garden Of Eden adalah taman wisata yang berada di desa Gunung Larang, kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Tepatnya di belakang SD Negeri 01 Gunung Larang, dusun Cimanggu.

Taman The Garden Of Eden ini merupakan taman wisata yang menyajikan kesejukan hutan pinus dan keasrian sungai yang melewatinya. Taman wisata ini juga memiliki spot foto yang begitu bagus dari mulai saung pohon, kolam air mancur, jembatan bambu, dan Menara pandang.

Di taman The Garden Of Eden ini juga sudah ada fasilitas kenyamanan lain seperti warung jajanan, WC, dan musholah.

Selain itu pula, tempat The Garden Of Eden ini juga memiliki lahan yang luas sehingga cocok bagi temen-temen yang ingin melaksanakan Persami ataupun acara camping sekolah karena tempat ini luas dan datar seperti lapangan.

Akses air pun sudah mencukupi karena dekat dengan rumah pemukiman penduduk setempat dan akses jalannya pun sudah bagus.

Untuk tiket masuknya sendiri itu cukup terjangkau untuk kelas wisata yang cukup nyaman  ini, yaitu cukup Rp.5.000 per orang dan palkir motor Rp.2.000 saja.

Itulah 6 wisata alam yang ada di kecamatan Salem kabupaten Brebes. Semoga bermanfaat dan menjadi pertimbangan dan opsi untuk temen-temen yang ingin berlibur ke kecamatan Salem ini. mimin ingin berpesan di mana pun temen-temen berada, tolong bisa menghormati kultur dan peraturan yang ada di daerah setempat, okee. Terima kasih temen-temen..

Advertisement

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 destinasi wisata alam di kecamatan Salem"

Post a Comment